Manfaat cable tie


2 Mei 2014

Benda bernama cable ties atau insulock, bisa jadi masuk 100 penemuan paling bermanfaat sepanjang massa. Apalagi untuk kebutuhan balap, maka benda kecil ini bisa jadi penyelamat bagi beragam masalah. Mudah dipasang dan dibongkar plus harga yang murah, membuat insulock menjadi barang wajib yang ada di toolbox tiap tim balap. Mari kita intip beragam kegunaan di motor. Yuk!.

PENGIKAT COP BUSI
Kepala busi motor bebek jika dalam kondisi normal jarang terlepas sendiri.Tapi, untuk balap bisa saja bergeser lalu membuat mesin jadi mbrebet atau malah mati sehingga gagal podium. Ikat kepala busi dengan insulock pun jadi hal biasa, lihat saja di motor M. Nurgianto (Honda Oei Sphinx Motorex KYT) yang memakai banyak insulock untuk menahan kepala busi dengan kuat.

PENGIKAT SLANG REM
Atas nama mengurangi bobot, maka jalur pemegang slang rem hidrolik, terutama di roda depan dilepas atau dihilangkan. Tetapi, jika tanpa pemegang, maka slang rem bisa tersangkut gerakan setang dan sok depan. Insulock jadi cara praktis buat mengikat slang rem agar jadi rapi sejak keluar master rem. Mengitari setang, turun ke komstir lalu ke segitiga sok.


KABEL BODI
Namanya juga motor balap, maka kabel bodi jelas bikin ulang untuk yang jalur pengapian saja. Buat merapikannya, bisa pakai insulock ini. Makin rapi jika diberi sedikit slang di antara kabel dan sasis.

PENGAMAN KARBURATOR
Motor drag matik kapasitas di atas 200 cc lazim memakai karburator dengan model klem. Tetapi karena getaran kuat, bisa saja mulut karburator ini terlepas dari karet intake. Alhasil, insulock jadi penyelamat dengan menahan bodi karburator ke baut penahan kepala silinder.

sumber otomotifnet.com